Skip to content

Tiga Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

10 Teknik Dasar dalam Permainan Sepak Bola
– Grameds, apakah kamu gemar bermain sepak bola? Atau sedang ingin menekuni olahraga sepak bola? Sebelum itu, kamu harus mengetahui teknik-teknik dasar dari permainan sepak bola. Teknik-teknik ini nantinya akan membantu kamu ketika bermain sepak bola. Artikel ini akan membahas 10 teknik dasar dalam permainan sepak bola.


Teknik Dasar dalam Permainan Sepak Bola



1. Shooting


Teknik selanjutnya yang ada di sepak bola adalah
shooting.
Shooting
adalah sebuah teknik dasar yang dilakukan dengan cara menembakkan bola. Tembakan yang dilakukan maksudnya adalah dengan menendang bola. Seorang pemain yang melakukan
shooting
harus dengan tepat dan disertai tingkat akurasi yang tinggi.

Teknik ini dapat dilakukan dengan menggunakan kaki kiri bagian luar, kaki sisi bagian dalam, dan menggunakan ujung kaki. Selain itu, dapat juga dilakukan dengan menggunakan ujung kaki. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk melakukan teknik
shooting
supaya dapat dilakukan dengan tepat:

  1.   Lihatlah ke arah lapangan, kemudian mengamati situasi sebelum melakukan
    shooting.
  2.   Fokus kepada target atau sasaran untuk bola ditembakkan. Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan pemain lawan.
  3.   Menyesuaikan tembakan dengan posisi lawan.
  4.   Melihat ke arah bola ketika ingin menendangnya.
  5.   Ketika sudah menentukan sasaran dan informasi di lapangan, kemudian lihatlah kembali bola. Setelah itu, lakukan pandangan pada bola sehingga hasil menjadi lebih akurat.
  6.   Jangan lupa untuk memilih sepatu yang tepat dan nyaman.



2. Dribbling


Salah satu teknik dasar sepak bola adalah
dribbling. Teknik dribbling dalam sepak bola adalah sebuah gerakan yang dilakukan oleh pemain ketika menggiring bola menggunakan kaki. Teknik
dribbling
ini dilakukan untuk menggerakan serta mengontrol bola ketika berada di lapangan.

Teknik
dribbling
juga dilakukan saat bola ingin digiring ke area gawang. Kemudian, tidak akan pemain yang akan diberikan untuk operan. Teknik dasar dribbling ini dibagi menjadi dua jenis. Teknik tersebut adalah
speed dribbling
dan
closed dribbling.

Pertama, teknik
speed dribbling
yaitu teknik yang ada di dalam sepak bola. Teknik ini dilakukan melalui beberapa cara. Pemain akan menendang bola kearah depan, kemudian ia akan mengejar dengan cepat bola tersebut. Teknik
speed dribbling
ini adalah teknik yang dilakukan dengan cepat. Sehingga pemain harus membutuhkan fokus yang tinggi dalam melakukannya.

Kedua, teknik
close dribbling
yaitu teknik yang dilakukan jika jarak antara bola dan pemain sangat dekat. Dalam melakukannya, pemain harus memiliki kontrol penuh ketika menggiring bola. Hal tersebut dibutuhkan karena jaraknya tidak jauh. Akan tetapi, biasanya lawan akan berada di sekitar pemain dan berusaha merebut bola  yang ada di kaki pemain.

Kepelatihan Sepak Bola: Teori dan Praktik

Kepelatihan Sepak Bola: Teori dan Praktik



Beli Buku di Gramedia3. Teknik Menghentikan Bola


Teknik dasar selanjutnya dalam sepak bola adalah teknik menghentikan bola. Di dalam permainan sepak bola, tidak hanya dibutuhkan kemampuan untuk menggiring bola. Tepati juga menghentikan bola. Teknik ini adalah salah satu taktik dalam bermain sepak bola. Dalam teknik ini, bisa menggunakan banyak anggota tubuh. diantaranya dengan menggunakan kaki, paha, dada, kepala, dan perut.

Popular:   Di Bawah Ini Merupakan Komentar Buku Fiksi

Pada bagian kaki, seorang pemain dapat menghentikan bola menggunakan beberapa bagian. Bagian tersebut adalah kaki bagian luar, punggung kaki, dan telapak kaki. Teknik menghentikan bola yang dilakukan dengan paha biasanya karena operan bola yang diterima dari jarak jauh.

Berbeda dengan kaki dan paha. Teknik menghentikan bola yang dilakukan dengan menggunakan dada dilakukan ketika menerima bola dari arah atas. Sehingga memungkinkan bola stabil dan meluncur ke tanah. Untuk teknik menggunakan perut, memang terbilang unik dan jarang dilakukan. Pemain harus memperhatikan arah datangnya bola terlebih dahulu, jika ingin menggunakan teknik perut.


4. Teknik Lemparan ke Dalam

Teknik selanjutnya adalah teknik lemparan ke dalam. Teknik ini dipakai saat bola berada di dalam posisi out atau keluar dari lapangan. Bisa dari sisi kiri atau sisi kanan lapangan. Dalam teknik ini, pemain hanya perlu melemparkan bola.

Menggunakan kedua tangan dan melemparkan bola ke dalam. Akan tetapi, yang harus diperhatikan adalah pemain harus menggunakan teknik yang baik dalam lemparan tersebut. Sehingga lemparan bisa dilakukan dengan baik.

Untuk melakukan teknik ini, pertama ambilah bola menggunakan kedua tangan. Langkah kedua, arahkan kaki sehingga menghadap ke lapangan. Pada posisi ini, ujung jari kaki diposisikan berada di pinggir garis lapangan. Langkah ketiga. Lengkungkanlah punggungmu, langkah keempat, angkat bola yang diawali dari belakang kepala. Bawalah bola ke atas melewati kepala kamu.

Langkah kelima, lepaskan bola ke arah depan dengan jentikan pergelangan tangan. Langkah terakhir, kembalilah lari ke dalam lapangan untuk kembali bermain. Akan tetapi, jangan sampai menyentuh bola, sebelum disentuh oleh pemain lain.



5. Passing


Teknik dasar selanjutnya adalah
passing. Teknik
passing
ini masih memiliki kaitan dengan teknik
shooting. Teknik
passing
adalah sebuah teknik keterampilan untuk memindahkan bola. Bola akan dipindah dari satu pemain pada pemain lainnya. Teknik ini akan dilakukan dengan menggunakan kaki atau bagian tubuh yang lain, kecuali tangan.

Pada umumnya, teknik
passing
dilakukan menggunakan kaki saja. Pemain akan mengoper dan dilakukan dengan menggunakan bagian dalam kaki. Penggunaan kaki bagian dalam ini karena kaki bagian dalam mempunyai area yang lebih luas. Jika dibandingkan dengan punggung kaki, kaki bagian dalam akan lebih membantu.

Popular:   Benda Yang Ditarik Dengan Kuat Oleh Magnet Disebut

Passing
terdiri dari dua jenis. Ada
short passing
atau operan pendek,dan ada
long passing
atau operan jauh. Teknik operan pendek digunakan untuk memberikan bola kepada sesama pemain yang berjarak dekat. Untuk dapat mengarahkan bola tersebut, pemain harus memiliki keseimbangan badan yang bagus. Caranya dengan memposisikan kaki yang dijadikan sebagai tumpuan sehingga sejajar dengan bola.

Teknik operan jauh adalah teknik yang membuat tendangan bola melambung ke udara. Sehingga akan melewati kepala pemain. Hal inilah yang membuat
passing
ini dilakukan dari jarak jauh.

Baca juga: Manfaat Permainan Sepak Bola



6. Heading


Teknik
heading
dilakukan jika bola berada pada jangkauan yang tinggi. Teknik
heading
adalah teknik menyundul bola. Teknik ini adalah salah satu teknik yang sering dilakukan oleh para pemain sepak bola ketika berada di lapangan. Akan tetapi, teknik ini tidak semudah yang terlihat ketika dilakukan. Ada beberapa prinsip yang harus dilakukan ketika menyundul bola.

Berikut ini adalah prinsip-prinsip dalam menyundul bola:

  • Berlari untuk menyebut bola dari arah datangnya bola. Pandangan diarahkan dengan benar ketika persiapan untuk melakukan teknik menyundul. Fokus pada arah bola.
  • Sikap otot leher dilakukan dengan benar saat menyundul. Caranya adalah dengan menguatkan dan mengeraskan otot leher
  • Gunakan dahi untuk menyundul bola, itu adalah bagian yang baik. Tepatnya pada daerah kepala di atas kedua kening dan di bawah rambut kepala
  • Menarik badan ke belakang dengan melengkung pada area pinggang. Gerakan seluruh tubuh, seperti kekuatan otot-otot perut. Kekuatan dorongan panggul dan juga kekuatan kekuatan kedua lulut. Kemudian kaki diturunkan dan badan diayun ke depan. Sehingga dahi bisa mengenai bola.
  • Ketika menyundul bola, mata harus tetap terbuka dan jangan sampai terpejam. Ikutilah arah datangnya bola. Ikuti kemana bola diarahkan. Kemudian dilanjutkan dengan gerakan untuk segera lari dari posisi.

Buku Jago Sepak Bola Untuk Pemula

Buku Jago Sepak Bola Untuk Pemula



Beli Buku di Gramedia7. Teknik Juggling


Teknik selanjutnya adalah teknik
juggling. Teknik ini dipakai supaya pemain dapat lebih lihai ketika mengontrol bola yang ada padanya. Teknik ini diterapkan ketika bola menyentuh ujung kaki. Kemudian mengangkatnya dengan kaki.

Untuk melakukan teknik ini, langkah pertama adalah dengan memegang bola di depan dada. Langkah kedua, tetap menjaga lutut supaya agak menekuk. Kemudian lakukanlah teknik ini.  Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tentu perlu dilakukan Latihan yang rutin.

8. Teknik Menyapu Bola

Teknik menyapu bola adalah teknik yang dipakai seorang pemain sebagai bentuk pertahanan dari serangan lawan. Teknik menyapu bola disebut juga dengan
sliding tackle. Teknik ini adalah sebuah gerakan untuk merebut bola. Sebenarnya teknik ini cukup rawan untuk digunakan. Sehingga beresiko untuk mendapatkan kartu pelanggaran karena teknik ini.

Popular:   Lemparan Bola Dalam Permainan Rounders Dilakukan Dengan

Untuk menggunakan teknik menyapu bola, terdapat beberapa teknik yang harus dipelajari. Teknik tersebut adalah meluncur dengan menjatuhkan badan ke lapangan. Selain itu, pemain juga harus memperhatikan waktu yang tepat untuk melakukan ini. Jika salah dalam memperkirakan waktu, maka akan mendapatkan kartu dari wasit.

Hal lain yang tidak boleh dilakukan ketika melakukan teknik ini adalah melakukannya dari arah belakang lawan selain itu, mengangkat kaki ke atas ketika melakukan teknik ini juga tidak diperbolehkan. Hal lain yang tidak diperbolehkan juga adalah tackle melalui teknik menggunting.


9. Intercepting

Teknik dasar selanjutnya adalah
intercepting. Teknik
intercepting
ini akan digunakan ketika ingin merebut bola dari kaki pemain lawan. Akan tetapi, ada yang harus diperhatikan adalah ketika melakukannya. Hal tersebut adalah membaca pergerakan dari pemain lawan.

Selain itu, pemain yang menggunakan teknik ini juga bisa menghentikan laku umpan dari pemain lawan. Teknik ini sangat penting untuk menjadi sebuah pertahanan dari serangan pemain lawan. Akan tetapi, pemain yang menggunakan teknik ini harus berhati-hati. Hal yang harus diperhatikan adalah yang akan direbut bolanya, bukan kaki dari pemain lawan.


10. Goal keeping

Teknik
goalkeeping
adalah teknik yang hanya dilakukan oleh penjaga gawang. Hanya penjaga gawang atau kiper saja yang diperbolehkan untuk menggunakan teknik ini. Teknik ini adalah teknik yang digunakan untuk menghalau bola dengan menggunakan tangan.

Teknik
goalkeeping
adalah teknik penting sebagai pertahanan terakhir dari tim. Dalam melakukan teknik ini, perlu adanya penguasaan beberapa teknik lain. Seperti teknik tendangan yang dilakukan dengan power yang kuat.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Itulah beberapa
teknik dasar dalam permainan sepak bola.
Supaya lebih mahir, kamu harus berlatih secara rutin. Selain teknik-teknik di atas, kamu juga perlu mempelajari hal lain seputar sepak bola. Temukan hal-hal menarik itu di www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu memberikan rekomendasi buku terbaik untuk para Grameds.

(SERI PENGENALAN PROFESI) AKU INGIN MENJADI PEMAIN SEPAK BOLA

(SERI PENGENALAN PROFESI) AKU INGIN MENJADI PEMAIN SEPAK BOLA

Beli Buku di GramediaPenulis: Wida Kurniasih

Sumber: dari berbagai sumber

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.”

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Tiga Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

Source: https://www.gramedia.com/literasi/teknik-dasar-dalam-permainan-sepak-bola/