Skip to content

Jumlah Dan Nama Nada Pada Tangga Nada Diatonis

Pengertian Tangga Nada Diatonis dan Pentatonis, Pahami Perbedaan Keduanya

Kapanlagi Plus
– Musik dan lagu jadi salah satu jenis karya seni yang mempunyai banyak sekali penggemar. Alunan musik dan lagu memang efektif menjadi salah satu media hiburan yang menyenangkan dan menenangkan. Di balik suara musik yang merdu, terkandung sejumlah unsur musik yang menyusun. Tangga nada adalah salah satu unsur musik tersebut.

Tangga nada tentu sudah jadi istilah yang tidak asing lagi. Bukan saja bagi kalangan pemusik atau musisi, kalangan awam dan penikmat musik pun tentu sudah tidak asing dengan istilah tersebut. Sesuai dengan namanya, tangga nada adalah serangkaian atau sekumpulan nada yang tersusun dalam suatu urutan.

Keberadaan tangga nada dalam suatu musik berperan membuat suatu musik atau lagu terdengar merdu.



Itulah sebabnya, penting untuk memahami apa itu tangga nada. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini ulasan mengenai tangga nada adalah unsur penting dalam musik.

1. Mengenal Tangga Nada

Sebagaimana yang disinggung sebelumnya, tangga nada adalah susunan dari nada-nada yang berurutan dalam suatu musik atau lagu. Artinya, untuk membentuk suatu tangga nada diperlukan adanya berbagai jenis nada yang beragam. Keberagaman nada inilah yang kemudian dapat mendukung munculnya suatu ilusi dalam sebuah musik atau lagu yang dapat menimbulkan suatu kesan atau perasaan.

Kumpulan nada yang berurutan tersebut disebut tangga nada, karena memang mempunyai susunan tinggi rendah, dari yang terendah hingga tertinggi, sehingga seolah berbentuk seperti tangga. Tangga nada dalam suatu lagu atau musik juga tidak tersusun begitu saja. Untuk bisa menciptakan harmoni, tangga nada harus saling berkesinambungan.

Popular:   Kumpulan Kata Kata Yang Terdapat Di Dalam Puisi Disebut

Secara garis besar, tangga nada terbagi dalam dua jenis. Adapun kedua jenis tangga nada adalah tangga nada diatonis dan pentatonis. Kedua jenis tangga nada tersebut mempunyai fungsi dan ciri khas masing-masing. Oleh karena itu, dalam praktiknya pemakaian tangga nada diatonis dan pentatonis diperuntukkan secara khusus dalam situasi dan kebutuhan tertentu.

2. Pengertian Nada

Sebelum mengenal lebih dalam apa itu tangga nada, khususnya jenis diatonis dan pentatonis ada baiknya kita juga memahami apa itu nada. Pasalnya, tangga nada adalah susunan nada. Artinya, nada merupakan unsur penting yang membentuk tangga nada. Secara umum, nada diartikan sebagai tinggi rendahnya suatu bunyi baik dalam musik maupun perkataan sehari-hari.

Dalam ranah musik, nada mempunyai pengertian yang lebih spesifik. Untuk memahami pengertian tersebut, simak penjelasan beberapa ahli berikut ini.

1. Sylado
Menurut Sylado, nada adalah waktu yang tepat untuk didengar. Artinya, nada sebenarnya berwujud waktu yang hidup dan memiliki kumpulan ilusi, serta alunan suara yang dapat menimbulkan sebuah efek untuk perasaan dan pemikiran.

2. Banoe
Nada merupakan sebuah cabang seni yang mengatur berbagai rangkaian suara yang bisa dimengerti dan dipahami oleh manusia.

3. Jamalus
Sementara itu, menurut Jamlus, nada adalah cabang seni yang berupa suara dengan lagu dan komposisi sebuah ungkapan pemikiran dan perasaan. Adapun unsur-unsur pokok nada meliputi melodi, irama, harmoni, dan struktur lagu.

3. Tangga Nada Diatonis

Setelah memahami sekilas apa itu nada, kini saatnya berlanjut memahami kedua jenis tangga nada, diatonis dan pentatonis. Secara umum tangga nada adalah susunan dari nada-nada. Sedangkan yang dimaksud tangga nada diatonis adalah tangga nada yang tersusun atas tujuh komposisi nada primer, intervalnya satu atau setengah pada setiap nadanya. Tangga nada ini biasa digunakan pada musik modern atau model kontemporer.

Popular:   Cara Menjaga Pekarangan Sekolah Agar Tetap Bersih

Jenis tangga nada diatonis terdiri dari dua macam, yakni mayor dan minor. Mayor membuat nada-nada lagu yang dihasilkan bersifat ceria atau bahagia. Nada mayor ini sering digunakan pada lagu genre pop atau anak-anak.

Sementara itu, jenis tangga nada diatonis minor hanya menggunakan nada primer dan tidak memiliki sisipan singkat.Selain itu, tangga nada ini biasanya hanya memiliki setengah nada, sehingga membuatnya terdengar sedih dan sendu. Tangga nada diatonis minor terbagi menjadi tiga macam, yakni minor harmonis, asli, dan melodis

4. Tangga Nada Pentatonis

Jenis lain dari tangga nada adalah tangga nada pentatonis. Berbeda dengan jenis diatonis, tangga nada pentatonis dapat diwujudkan dengan tujuh nada dan memiliki lima nada primer. Jika tangga nada diatonis umum dipakai di musik modern dan kontemporer, maka tangga nada pentatonis lebih dipakai pada lagu-lagu rakyat atau tradisional dengan alat musik tradisional pula.

Adapun beberapa jenis alat musik tradisional yang menggunakan tangga nada pentatonis antara lain gamelan, gambang kromo, calung, tifa, dan masih banyak lagi. Dalam musik tradisional, khususnya gamelan ada dua jenis tangga nada pentatonis yang terkenal yaitu Pelog dan Slendro.

Kedua jenis tangga nada pentatonis ini mempunyai karakter masing-masing. Tangga nada pentatonis pelog berkarakter hormat, hikmat, dan syahdu. Sedangkan, tangga nada slendro lebih mempunyai kesan ceria, riang gembira, dinamis, dan bersemangat.

Itulah di antaranya ulasan mengenai tangga nada adalah susunan nada-nada dalam suatu musik atau lagu. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan.

Jumlah Dan Nama Nada Pada Tangga Nada Diatonis

Source: https://plus.kapanlagi.com/pengertian-tangga-nada-diatonis-dan-pentatonis-pahami-perbedaan-keduanya-d0229e.html