Skip to content

Tujuan Pertahanan Dan Keamanan Nasional Adalah

Liputan6.com, Jakarta
Pengertian ketahanan nasional adalah kondisi dinamis suatu bangsa yang berisikan keuletan dan ketangguhan dalam menghadapi serta mengatasi segala bentuk ancaman, gangguan ataupun hambatan dari dalam maupun luar negeri.

Ketahanan berbeda dengan pertahanan. Pertahanan merupakan upaya perkuatan ketahanan antara lain dengan membentuk angkatan bersenjata yang kuat, memelihara kedisiplinan nasional yang tinggi, dan sebagainya.

Ketahanan nasional menjadi tanggung jawab seluruh masyarakat suatu negara. Ketahanan nasional harus dibina serta dikembangkan secara terus menerus agar kehidupan masyarakat semakin terjamin. Di Indonesia ancaman terhadap ketahanan nasional dapat datang dari manapun. bukan hanya dalam bentuk agresi militer, namun juga bisa berbentuk bencana alam, konflik antar etnis atau agama, penggunaan narkoba, dan lain sebagainya. Untuk itu, sangat penting memahami konsep ketehanan nasional.

Berikut ini ulasan mengenai pengertian katahanan nasional beserta fungsi dan tujuannya bagi suatu negara, yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (30/9/2021).

Pengertian Ketahanan Nasional

Sejumlah prajurit TNI dari batalyon infantri Raider 112 berjalan membawa berbagai senjata selama latihan menembak di Mata Ie, Aceh Besar, Aceh, Selasa (11/6/2019). Latihan menembak ini untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan prajurit Raider. (AFP Photo/Chaideer Mahyuddin)

Ketahanan berasal dari kata “tahan”. Tahan menderita, tabah, kuat, dapat menguasai diri, tidak kenal menyerah. Ketahanan nasional berbicara tentang perihal kuat, keteguhan hati, atau ketabahan. Secara umum, pengertian ketahanan nasional adalah perihal kuat, teguh, dalam rangka kesadaran, sedangkan pengertian nasional adalah penduduk yang tinggal disuatu wilayah dan berdaulat. Dengan demikian pengertian ketahanan nasional adalah perihal keteguhan hati untuk memperjuangkan kepentingan nasional.

Menurut Lembaga Ketahanan Nasional RI, pengertian ketahanan nasional adalah kondisi dinamis Bangsa Indonesia yang berisikan keuletan dan ketangguhan dalam menghadapi serta mengatasi segala bentuk ancaman, gangguan ataupun hambatan dari dalam maupun luar negeri.

Popular:   Perbedaan 2 Dimensi Dan 3 Dimensi

Dalam hal ini kondisi ideal suatu negara memiliki kemampuan mengembangkan kekuatan nasional sehingga mampu menghadapi segala macam ancaman dan gangguan bagi kelangsungan hidup bangsa yang bersangkutan. Bentuk ancaman tersebut bisa bersifat langsung ataupun tidak dan sangat membahayakan integritas, identitas, bahkan kelangsungan hidup berbangsa serta bernegara. Istilah ketahanan nasional mulai dikenal sejak tahun 1960-an. Namun, saat itu belum diberi definisi tertentu dan baru pada 1968, pengertian ketahanan nasional dibuat. Definisi itu direvisi pada beberapa bagian katanya dan terus digunakan hingga saat ini.

Sifat-sifat Ketahanan Nasional

Prajurit Satkopaska TNI AL melakukan infiltrasi ke garis depan penyerbuan di Kompleks Dermaga Pondok Dayung Koarmada I, Jakarta, Selasa (23/6/2020). Kegiatan tersebut untuk meningkatkan profesionalisme prajurit Satkopaska Koarmada I dalam menjaga NKRI. (merdeka.com/Imam Buhori)

Prajurit Satkopaska TNI AL melakukan infiltrasi ke garis depan penyerbuan di Kompleks Dermaga Pondok Dayung Koarmada I, Jakarta, Selasa (23/6/2020). Kegiatan tersebut untuk meningkatkan profesionalisme prajurit Satkopaska Koarmada I dalam menjaga NKRI. (merdeka.com/Imam Buhori)

Berikut Ini Merupakan Sifat-sifat ketahanan Nasional antara lain:

1. Mandiri

Artinya ketahanan nasional bersifat percaya pada kemampuan dan kekuatan sendiri dengan keuletan dan ketangguhan yang mengandung prinsip tidak mudah menyerah serta bertumpu pada identitas, integritas, dan kepribadian bangsa. Kemandirian ini merupakan prasyarat untuk menjalin kerja sama yang saling menguntungkan dalam perkembangan global.

2. Dinamis

Artinya ketahanan nasional tidaklah tetap, melainkan dapat meningkat ataupun menurun bergantung pada situasi dan kondisi bangsa dan negara, serta kondisi lingkungan strategisnya. Hal ini sesuai dengan hakikat dan pengertian bahwa segala sesatu di dunia ini senantiasa berubah. Oleh sebab itu, uapaya peningkatan ketahanan nasional harus senantiasa diorientasikan ke masa depan dan dinamikanya di arahkan untuk pencapaian kondisi kehidupan nasional yang lebih baik.

3. Manunggal

Artinya ketahanan nasional memiliki sifat integratif yang diartikan terwujudnya kesatuan dan perpaduan yang seimbang, serasi, dan selaras di antara seluruh aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Popular:   Jelaskan Perbedaan Antara Nabi Dan Rasul

4. Wibawa

Artinya ketahanan nasional sebagai hasil pandangan yang bersifat manunggal dapat mewujudkan kewibawaan nasional yang akan diperhitungkan oleh pihak lain sehingga dapat menjadi daya tangkal suatu negara. Semakin tinggi daya tangkal suatu negara, semakin besar pula kewibawaannya.

5. Konsultasi dan Kerjasama

Artinya ketahanan nasional Indoneisa tidak mengutamakan sikap konfrontatif dan antagonis, tidak mengandalkan kekuasaan dan kekuatan fisik semata, tetapi lebih pada sifat konsultatif dan kerja sama serta saling menghargai dengan mengandalkan pada kekuatan moral dan kepribadian bangsa.

Fungsi Ketahanan Nasional

Pasukan luar negeri menganga dengan pelatihan yang harus dijalani Tentara Nasional Indonesia (TNI). Media asing sampai merinding melihatnya

Pasukan luar negeri menganga dengan pelatihan yang harus dijalani Tentara Nasional Indonesia (TNI). Media asing sampai merinding melihatnya

Setelah memahamo pengertian ketahanan nasional, penting pula untuk mengetahui fungsi ketahanan nasional. Ada beberapa fungsi ketahanan nasional adalah sebagai berikut :

  1. Daya tangkal, dalam kedudukannya sebagai konsepsi penangkalan ketahanan nasional Indonesia ditujukan untuk menangkal segala bentuk ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan terhadap identitas, integrtas, eksistensi bangsa, dan Negara Indonesia dalam aspek, ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan.

  2. Pengarah bagi pengembangan potensi kekuatan bangsa dalam bidang ideology, politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan sehingga tercapai kesejahteraan rakyat.

  3. Pengarah dalam menyatukan pola pikir, pola tindak, dan cara kerja yang dibuat pemerintah yang memuat kebijakan dan strategi pembangunan dalam setiap sektor untuk mencapai tujuan nasional mewujudkan masyarakat adil dan makmur.

Tak hanya itu, menurut Sigit Dwi Kusrahmadi dalam Ketahanan Nasional (2006), ketahanan nasional juga berfungsi sebagai doktrin dasar nasional atau metode pembinaan kehidupan nasional. Hal ini juga berarti jika ketahanan nasional dijadikan sebagai pola dasar pembangunan nasional di berbagai bidang.

Tujuan Ketahanan Nasional

Prajurit wanita TNI saat apel bersama dalam rangka peringatan Hari Kartini 2021 di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (21/4/2021). Sebanyak 240 prajurit wanita TNI dan 25 perwakilan dari PNS wanita mengikuti apel bersama ini. (merdeka.com/Imam Buhori)

Prajurit wanita TNI saat apel bersama dalam rangka peringatan Hari Kartini 2021 di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (21/4/2021). Sebanyak 240 prajurit wanita TNI dan 25 perwakilan dari PNS wanita mengikuti apel bersama ini. (merdeka.com/Imam Buhori)

Dalam hal ini ketahanan nasional diperlukan dalam menunjang keberhasilan tugas pokok pemerintahan, seperti tegaknya hukum dan ketertiban terwujudnya kesejahteraan dan kemakmuran terselenggaranya pertahanan dan keamanan, terwujudnya keadilan hukum dan keadilan sosial, serta terdapatnya kesempatan rakyat untuk megaktualisasi diri dan kelangsungan hidup bangsa dan Negara serta perjuangan mencapai tujuan nasional dapat dijelaskan seperti dibawah ini :

Popular:   Nama Properti Yang Digunakan Pada Tari Rangguk Ayak Adalah

1. Ketangguhan

Adalah kekuatan yang meyebabkan seseorang atau sesuatu dapat bertahan, kuat menderita atau dapat menanggulangi beban yang dipikulnya.

2. Keuletan

Adalah usaha secara giat dengan kemampuan yang keras dalam menggunakan kemampuan tersebut diatas untuk mencapai tujuan.

3. Identitas

Yaitu ciri khas suatu bangsa atau Negara dilihat secara keseluruhan. Negara dilihat dalam pengertian sebagai suatu organisasi masyarakat yang dibatasi oleh wilayah dengan penduduk, sejarah, pemerintah, dan tujuan nasional serta dengan peran internasionalnya.

4. Integritas

Yaitu kesatuan menyeluruh dalam kehidupan nasional suatu bangsa baik unsur sosial maupun alamiah, baik bersifat potensial maupun fungsional.

5. Ancaman

Yaitu dimaksud disini adalah hal atau usaha yang bersifat mengubah atau merombak kebijaksanaan dan usaha ini dilakukan secara konseptual, criminal dan politis.

6. Hambatan dan Gangguan

Adalah hal atau usaha yang berasal dari luar dan dari diri sendiri yang bersifat dan bertujuan melemahkan atau menghalangi secara tidak konsepsional.

Tujuan Pertahanan Dan Keamanan Nasional Adalah

Source: https://id.berita.yahoo.com/pengertian-ketahanan-nasional-beserta-fungsi-005050632.html