Skip to content

Bahan Alam Untuk Membuat Mozaik Adalah

Pengertian dan Cara Pembuatan Mozaik, Butuh Ketelitian – Kreativitas

Kapanlagi Plus
– Menciptakan karya seni selalu menghadirkan kepuasan tersendiri. Selain itu, berkarya juga bisa jadi yang kegiatan menyenangkan. Ada banyak karya seni yang bisa dibuat, salah satunya mozaik. Seni mozaik adalah salah satu karya seni yang berasal dari Maroko. Karya seni ini cukup populer di berbagai belahan dunia karena terkenal akan keindahannya.

Mozaik adalah karya seni dua dimensi yang bisa dibuat dari potongan benda seperti kaca, batu, daun, atau keramik. Walaupun terkesan sederhana, jika dibuat dengan sepenuh hati mozaik akan jadi karya yang indah dan menakjubkan. Terlebih, jika mozaik dibuat dengan penuh kreativitas. Pecahan-pecahan benda akan tersusun dengan indah dan mengesankan.



Lantas, bagaimana cara membuat mozaik? Dirangkum dari berbagai sumber berikut ulasan mengenai seluk-beluk mozaik berikut cara membuatnya.

1. Pengertian Mozaik Adalah

Seperti yang disinggung sebelumnya, mozaik adalah seni yang dibuat dengan menggabungkan potongan-potongan kecil suatu benda. Tak asal menyatukan, sama halnya seni lain, membuat mozaik juga memerlukan kreativitas. Dengan kreativitas, potongan-potongan yang dipersatukan dapat membentuk pola atau gambar yang indah.

Meski terdengar simpel, sejatinya membuat mozaik juga butuh ketelatenan dan kesabaran. Sebab, untuk menciptakan pola atau gambar lewat mozaik terbilang cukup rumit. Kerumitan tersebut sebanding dengan keindahan seni mozaik. Terbukti, sejak zaman Romawi sampai sekarang karya seni mozaik masih jadi andalan untuk mempercantik dekorasi.

2. Fungsi Mozaik

Membuat karya seni mozaik terbukti bisa menimbulkan rasa senang dan puas. Selain itu, proses pembuatan seni mozaik ternyata juga mempunyai sejumlah fungsi. Adapun sejumlah fungsi tersebut antara lain:

Popular:   Peran Indonesia Dalam Bidang Sosial Di Asean Adalah

1. Fungsi Ekspresi

Seni mozaik dapat membawa fungsi ekspresi. Hal ini karena mozaik merupakan karya seni yang pembuatannya didasarkan dari ide-ide kreatif.

2. Fungsi Praktis Estetis

Sebagai fungsi praktis estetis, mozaik merupakan karya yang sering digunakan untuk hiasan atau dekorasi ruangan.

3. Fungsi Psikologis

Dalam fungsi psikologis, mozaik merupakan karya seni sekaligus menjadi media dalam menyalurkan emosi atau perasaan.

4. Fungsi Sosial

Mozaik juga dapat berfungsi sosial, artinya mozaik bisa berfungsi sebagai sarana untuk pengembangan kebudayaan. Dengan begitu, mozaik dapat menjadi sarana hiburan sekaligus edukasi bagi masyarakat.

5. Fungsi Edukatif

Mozaik merupakan karya seni rupa yang berguna untuk membantu meningkatkan kemampuan fungsi motorik, daya pikir, daya serap, emosi, cita rasa keindahan serta kreativitas.

3. Metode Pembuatan Mozaik

Untuk membuat mozaik yang indah dan mengesankan tentu tak bisa sembarangan. Mozaik adalah karya seni yang sangat membutuhkan kreativitas. Selain kreativitas, diperlukan metode pembuatan khusus. Berikut 3 metode pembuatan mozaik.

1. Metode langsung

Metode langsung dalam pembuatan mozaik adalah metode yang dilakukan dengan menempelkan satu persatu potongan benda secara langsung pada permukaan benda tiga dimensi lainnya.

2. Metode tidak langsung

Metode mozaik kedua ini dilakukan dengan menyusun kepingan mozaik terlebih dahulu di suatu tempat, lalu meletakkannya di permukaan benda tiga dimensi.

3. Metode tidak langsung dua kali

Metode tidak langsung dua kali, hampir sama dengan metode tidak langsung. Namun, bedanya metode ini dilakukan sebanyak dua kali pengerjaan. Maksudnya, setelah metode pertama selesai, dilanjutkan dengan menerapkan metode yang sama untuk kali kedua.

4. Bahan untuk Membuat Mozaik

Mozaik adalah seni menyusun atau menempelkan pecahan atau kepingan benda sehingga membentuk pola atau gambar indah. Terdapat beberapa benda yang dapat digunakan sebagai bahan membuat mozaik. Benda-benda tersebut antara lain:

Popular:   Apa Yang Dimaksud Dengan Tokoh Protagonis

1. Kaca
Kaca jadi salah satu bahan mozaik yang paling umum digunakan. Biasanya kaca yang dipakai untuk seni mozaik adalah kepingan-kepingan kaca dengan beragam bentuk, warna, dan ukuran sesuai kebutuhan.

2. Batu
Batu juga terbilang kerap digunakan diterapkan pada seni mozaik. Jenis batu yang dipakai juga beragam, misalkan kepingan batu bata, kepingan batu alam, kepingan, batu pualam, batu kerikil, atau batu ubin.

3. Keramik
Bahan seni mozaik selanjutnya ialah kepingan keramik. Khususnya keramik yang terdiri dari beragam warna dan motif.

4. Logam
Jenis logam tertentu seperti kuningan, seng, dan aluminium juga bisa dipakai untuk bahan mozaik. Logam tersebut bisa dipotong sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.

5. Kertas
Kertas warna-warni juga biasa digunakan untuk membuat mozaik. Kalian hanya perlu kertas warna atau origami yang dipotong-dipotong sesuai kebutuhan.

6. Mika
Mika atau batu cermin yang biasa digunakan dalam seni mozaik adalah bahan galian seperti silikat aluminium atau magnesium kaca.

7. Kulit Telur
Kulit atau lapisan terluar pada buah atau batang tumbuhan, serta kulit telur juga dapat dijadikan bahan mozaik yang mengesankan.

8. Daun
Daun yang dapat digunakan untuk seni mozaik adalah beragam daun-daunan yang berasal dari tumbuhan.

9. Biji-Bijian
Sama seperti daun, biji-bijian juga digunakan pada seni mozaik. Apalagi beragam biji-bijian dengan aneka warna dan ukuran.

5. Cara Membuat Mozaik

Seperti yang disebutkan sebelumnya, membuat mozaik butuh ketelatenan. Selain itu, langkah-langkah yang dilakukan juga harus benar dan tepat. Berikut ini cara membuat mozaik yang benar.

1. Menentukan tema yang akan diangkat dalam seni mozaik.

2. Menyiapkan bahan yang dibutuhkan sesuai keinginan, dan disesuaikan juga dengan tema yang diinginkan.

Popular:   Sebutkan 2 Bentuk Pameran Berdasarkan Peserta

3. Menyiapkan peralatan untuk membuat mozaik.

4. Menggambar pola sesuai dengan tema.

5. Setelah gambar pola jadi, Tempelkan potongan-potongan benda yang telah disiapkan sebelumnya.

6. Gunakan lem khusus untuk merekatkannya agar tidak mudah lepas.

7. Berikan sentuhan akhir dengan merapikan bagian-bagian tepi agar terlihat lebih indah dan mengesankan.

Itulah di antaranya ulasan mengenai mozaik adalah seni yang butuh kreativitas. Bagaimana, tertarik membuatnya?

Bahan Alam Untuk Membuat Mozaik Adalah

Source: https://plus.kapanlagi.com/pengertian-dan-cara-pembuatan-mozaik-butuh-ketelitian-dan-kreativitas-8ec0f7.html